kode iklan
Pengertian Keragaman Komunikasi dalam Komunikasi Data
Jika dipilah berdasarkan suku katanya keragaman komunikasi terdiri dari 2 suku kata yaitu Keragaman dan Komunikasi. Keragaman itu sendiri berasal dari kata Ragam yang artinya lebih dari satu atau jumlah yang lebih banyak sedangkan arti dari kata Komunikasi adalah proses penyampaian informasi antar individu, baik perorangan, golongan maupun masyarakat. Dari pengertian diatas bisa disimpulkan pengertian Keragaman Komunikasi sebagai berikut:
Keragaman komunikasi adalah satu atau lebih metode yang dapat digunakan untuk mendyampaikan informasi yang saling terhubung antar individu, baik itu hubungan perorangan, golongan dan masyarakat.
Baca Juga: Pengertian, Macam, Perangkat dan Contoh Komunikasi Audio Pada Komunikasi Data
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
1. Pengertian Komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik secara lisan (langsung) atau secara tidak langsung (melalui media)
2. Pengertian Komunikasi Menurut Lasswell 1960
Komunikasi adalah suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (Who? SaysWhat? In Which Channel? to Whom? Whith What Effect?)
Jika dianalisa lima unsur menurut Lasswell (1960) adalah sebagai berikut:
a. Who? (Siapa / Sumber)
Sumber adalah pelaku utama yang mempunyai kebutuhan utama untuk berkomunikasi atau yang memulai komunikasi
b. Says What? (Pesan)
Pesan adalah seperangkat simbol verbal/nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan, maksud dari sumber.
c. In Which? Channel (Saluran / Media)
Saluaran atau media adalah wahana yang digunakan untuk menyampaikan peasn dari komunikator (sumber) kepada penerima baik secara langsung maupun tidak langsung.
d. To Whom? (untuk Siapa / penerima)
Penerima adalah orang/kelompok/organisasi yang menerima pesan dari sumber.
e. With What Effect? (Dampak/efek)
Dampak atau efek penerima pesan dari sumber adalah bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap dan lain-lain.
Jika dipilah berdasarkan suku katanya keragaman komunikasi terdiri dari 2 suku kata yaitu Keragaman dan Komunikasi. Keragaman itu sendiri berasal dari kata Ragam yang artinya lebih dari satu atau jumlah yang lebih banyak sedangkan arti dari kata Komunikasi adalah proses penyampaian informasi antar individu, baik perorangan, golongan maupun masyarakat. Dari pengertian diatas bisa disimpulkan pengertian Keragaman Komunikasi sebagai berikut:
Keragaman komunikasi adalah satu atau lebih metode yang dapat digunakan untuk mendyampaikan informasi yang saling terhubung antar individu, baik itu hubungan perorangan, golongan dan masyarakat.
Baca Juga: Pengertian, Macam, Perangkat dan Contoh Komunikasi Audio Pada Komunikasi Data
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
1. Pengertian Komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik secara lisan (langsung) atau secara tidak langsung (melalui media)
2. Pengertian Komunikasi Menurut Lasswell 1960
Komunikasi adalah suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (Who? SaysWhat? In Which Channel? to Whom? Whith What Effect?)
Jika dianalisa lima unsur menurut Lasswell (1960) adalah sebagai berikut:
a. Who? (Siapa / Sumber)
Sumber adalah pelaku utama yang mempunyai kebutuhan utama untuk berkomunikasi atau yang memulai komunikasi
b. Says What? (Pesan)
Pesan adalah seperangkat simbol verbal/nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan, maksud dari sumber.
c. In Which? Channel (Saluran / Media)
Saluaran atau media adalah wahana yang digunakan untuk menyampaikan peasn dari komunikator (sumber) kepada penerima baik secara langsung maupun tidak langsung.
d. To Whom? (untuk Siapa / penerima)
Penerima adalah orang/kelompok/organisasi yang menerima pesan dari sumber.
e. With What Effect? (Dampak/efek)
Dampak atau efek penerima pesan dari sumber adalah bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap dan lain-lain.